Cara Mempercepat Performa Google Chrome

by 18.55 0 komentar

       Biasanya kalian gregeten karena peramban web yang satu ini mengalami kemacetan yang tak bisa dibendung, biasanya karena loading nya sangat lama sehingga membuat kita langsung menutup aplikasi tersebut menggunakan task manager. berikut cara nya mempercepat performa Chrome

1. Matikan Extension Yang Tidak Digunakan


Cara Menonaktifkan Extension untuk Mempercepat Browser Google Chrome

Salah satu cara paling mudah dan tentu saja yang paling aman untuk mepercepat browser Google Chrome adalah dengan menonaktifkan beberapa extension yang terinstall.

Dalam beberapa kasus, seringkali kita hanya menggunakan extension saat kita memerlukannya saja, sebagai contoh jika kita menginstall extension untuk melakukan screenshot 1 halaman penuh, maka praktis kita agan menggunakannya hanya sewaktu akan mengambil screenshot saja bukan ? selebihnya akan kita aggurin.

Nah, daripada dianggurin, lebih dimatiin dan cara untuk mematikan beberapa extension yang ada di Google Chrome adalah sebagai berikut :

  1. Buka chrome://extensions/
  2. Beri check pada Developer Mode
  3. Uncheck extension yang tidak Anda gunakan

Mudah bukan dan tentuya cara mempercepat google chrome dengan cara seperti ini sangat aman, karena tidak melakukan perubahan pada sistem default browser.


2. Nonaktifkan Plugin Yang Dirasa Hanya Memberatkan


Cara Menonaktifkan Plugin untuk Mempercepat Browser Google Chrome

Disadari atau tidak, bahwa sebenarnya browser Google Chrome yang kita gunakan akan secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi yang kita install.

Contohnya adalah saat kita menginstall aplikasi Microsoft Office, maka secara otomatis akan terintegrasi dengan browser atau dalam hal ini adalah browser Google Chrome, dengan proses integrasi seperti ini akan memungkinkan kita untuk membuka dan membaca file berextensi .docx, .xlsx, dan bergam file Ms. Office lainnya langsung melalui browser Google Chrome.

Jika hal tersebut dirasa tidak pernah Anda lakukan dan Anda merasa lebih sreg dan nyaman membacanya melalui aplikasi Ms. Office, maka sebaiknya matikan plugin tersebut, karena akan sangat membantu meringankan beban kerja browser dan pada akhirnya akan membuat kinerja browser Google Chrome menjadi lebih cepat.

Tidak tahu bagaimana cara menonaktifkan plugin di browser Google Chrome ? sebenarnya cukup mudah, begini caranya :

  1. Buka chrome://plugins/
  2. Klik Detail untuk melihat isi plugin
  3. Klik Disable untuk menonaktifkan plugin

Sebelum menonaktifkan plugin, pastikan untuk membaca deskripsinya terlebih dulu, karena ada beberapa plugin yang sebaiknya tidak Anda nonaktifkan seperti plugin Flash Player.


3. Bersihkan Cache Secara Berkala


Cara Menghapus Cache untuk Mempercepat Browser Google Chrome

Ada yang belum tau apa itu cache ? singkatnya begini, cache merupakan sekumpulan data yang berisi riwayat saat kita browsing. Jadi, misal Anda mengunjungi situs BerguruSEO, maka browser secara otomatis akan menyimpan cache situs BerguruSEO pada HardDrive.

Fungsinya untuk apa ? fungsinya agar nanti saat kita mengunjungi situs BerguruSEO (lagi) bisa menjadi lebih cepat karena data pada situs BerguruSEO sudah tersimpan di HardDrive, jadi browser tinggal membacanya saja.

Meskipun fungsinya cukup penting, namun hal ini justru menjadi bumerang, karena seperti yang kita alami sendiri bahwa tidak sedikit dari kita yang hanya mengunjungi situs 1x dalam 1 minggu atau bahkan 1x dalam seumur hidup.

Jika kita hanya membukanya sekali, maka untuk apa kita menyimpan cache situs tersebut ?

Menghapus cache pada browser Google Chrome juga tidak sesusah yang Anda bayangkan. Caranya untuk menghapus atau mengosongkan cache adalah sebagai berikut :

  1. Buka chrome://settings/
  2. Ketikkan 'Cache' pada kolom pencarian
  3. Klik 'Clear Browsing Data'
  4. Ubah kronologi waktu menjadi 'The Begining of Time'
  5. Beri check pada kolom 'Empty The Cache

Bagaimana? silahkan mencoba di rumah! semoga gak ganti browser dan setia kepada Chrome!

Unknown

Developer

Seorang blogger yang masih menyandang status sebagai seorang jomblo, dan statusnya sampai saat ini masih gagal move on. Suka bermain Photoshop, liat tuh viewer nya sampai segitu. makasih wes mau berkunjung!.